https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgU0U8guS_-TobMiDDKXSXDnBCyn084XXX7d3CrYDlLHlJAgVFxG5buCPgF5-eVhNuHdxOTtngLlVtMp5lF-osWXLsznDbNqa2k3QgKaFt4ISsQ5f3IVFzT3XFosihKNvsKYosbOQbzb24/s320/dst+2009-01-18,+09_13_41.gif


Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya pada artikel menyibak rahasia senjata terlarang yang digunakan israel di gaza . Sekarang kita akan mencoba membahas mengenai fosfor putih atau yang lebih keren disebut WP (White Phosphorus atau lebih keren lagi disono disebut Willy Pete).


http://www.iran-press-service.com/ips/bm~pix/gaza-bombed~s600x600.jpg


Tujuan utama penggunaan WP ini adalah sebagai tanda bagi pasukan dimalam hari dan untuk tujuan pembakaran atau bom. Penggunaannya memang boleh didalam perang tetapi menjadi terlarang jika digunakan di kawasan penduduk atau daerah yang banyak penduduk sipil.

http://www.geocities.com/daveclarkecb/NewPhotos/VictimOfWhitePhos.jpg
Korban fosfor putih



Penggunaan WP sudah dilakukan sejak Perang Dunia I –baca SEJARAH PENGGUNAAN FOSFOR PUTIH- WP yang banyak digunakan dalam militer adalah pyrophoric material yang bersifat mudah terbakar secara spontan, dan sangat aktif mudah bereaksi dengan oksigen.


Saat contact dengan udara terbuka WP akan menyala dan beroksidasi menjadi phosphorus pentoxide. Panas yang dihasilkan akibat reaksi ini meledak menjadi nyala api kuning dan menghasilkan asap putih yang tebal. Hal sama seperti tayangan televisi yangs ering ditampilkan pada berita tentang penyerangan israel ke jalur gaza.


http://www.venusproject.com/ethics_in_action/Depleted_Uranium_files/wt-phosphorus.jpg


MENGENAI WP

Fosfor merupakan sebuah unsur berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu “phosphoros “. Ditemukan pada tahun 1669, ada dalam bentuk allotropic berwarna : putih (atau kuning), merah, dan hitam (atau violet). Biasanya fosfor dijumpai dalam bentuk lilin putih yang padat, dalam bentuk aslinya fosfor tidak berwarna dan transparant.


Tidak pernah ditemukan secara bebas dialam, fosfor biasanya terkandung dengan kombinasi mineral. Sumber dari WP ini adalah batu fosfor yang banyak ditemukan di Rusia, MarokoFloridaUtah,IdahoTennessee.



AKIBATNYA BAGI MANUSIA.


WP jika mengenai manusia menyebakan luka bakar yang dalam dan menyakitkan luka bakar yang dihasilkan bisa sampai menembus tulang, ciri-ciri luka bakar yang dihasilkan tampak pada bagian necrotic dengan warna kekuning-kuningan dan bau seperti bawang putih. Banyak yang meyakini bahwa luka bakar akibat WP ini memakan waktu lama untuk disembuhkan.


Sifatnya yang terbakar karena kontak dengan udara terbuka, membuat terbakarnya kulit menjadi lama karena selama WP masih kontak dengan udara dia akan terus terbakar sampai materialnya benar-benar habis terbakar, hiiii..... coba bayangkan betapa ngerinya jika kita terkena bom WP. Coba bayangkan betapa menderitanya rakyat Gaza yang dihujani berton-ton Bom WP.


http://www.shivhariminerals.com/images/p_3.jpg



Beberapa negara menyarankan jika terkena WP. Harus segera dicuci menggunakan 0,5-2,0 % larutan tembaga sulfida. Tapi dalam keadaan perang begitu apakah masih sempat mencari larutan tembaga sulfida??

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

 
[+] Font | Font [-]